Permasalahan dan Solusi Seputar UNBK (CBTSync)
Pada tahun pelajaran 2015/2016 tercatat sebanyak 984 SMP/MTs, 1298 SMA, dan 2100 SMK se-Indonesia melaksanakan Ujian Nasional secara komputerisasi atau lebih dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Hal ini meningkat pesat dari tahun sebelumnya. Untuk tahun pelajaran 2016/2017, pemerintah akan meningkatkan lagi jumlah sekolah penyelenggara, sehingga diharapkan UNBK dapat dilaksanakan diseluruh sekolah terutama tingkat SMA dan SMK.
Dalam pelaksanaan UNBK sekolah penyelenggara memang harus memiliki perangkat komputer (server dan client) yang sudah ditetapkan oleh PUSPENDIK mengenai spesifikasinya. Selain itu, juga harus memiliki jaringan internet dan laboratorium komputer yang telah terinstalasi dengan baik.
Untuk itu, disini penulis akan mencoba untuk memberikan beberapa permasalahan dan solusi yang penulis pernah temui selama menjadi proktor sekaligus teknisi dalam UNBK tahun 2016.
Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar
- ID server pernah digunakan oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id
Status STANDBY-Akses ke server pusat masih ditutup
- Siap untuk melakukan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melakukan submit dengan interval waktu tertentu hingga AKTIF
Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet
- Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 adalah bridge dan NIC 2 adalah NAT
Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat
- cek penulisan ID Server
Gagal Sinkronisasi
- Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit hingga muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi
Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync
- Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang digunakan adalah WIB
Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif
- Silahkan restart kembali CBT SYNC setelah itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token
Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?
- Token tidak setiap saat dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja
Bagaimana cara Restart CBTSync ?
- Tekan tombol alt + f4
Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync
- Matikan proxy atau apabila menggunakan mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa
Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet
- Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser bisa membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh
File lisensi error
- Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.
Serial Number tidak Muncul?
- Konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang menggunakan IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
- Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
- Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)
Lisensi tidak Valid
- Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
- Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web unbk
- Pastikan fitur sharing sudah aktif